top of page
Featured Posts

Brown Sugar Pound Cake

Untuk 1 loyang cake tulban diameter 24 cm

Bahan adonan dasar:

  • 115 gram mentega/margarine

  • 50 ml minyak sayur

  • 200 gram light Ricoman Brown Sugar

  • 100 gram gula pasir

  • 5 butir kuning telur

  • 1 sendok the vanilla extract

  • 350 gram tepung terigu protein sedang/rendah

  • 1 sendok teh baking powder double acting

  • ½ sendok teh baking soda

  • ½ sendok teh garam

  • 250 ml susu cair

Bahan adonan putih telur:

  • 5 butir putih telur

  • 3 sendok makan gula pasir

Persiapan:

Panaskan oven, set disuhu 175’C, letakkan rak pemanggang di tengah oven.

Siapkan loyang tulban diameter 24 cm, olesi permukaannya dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu secara merata. Balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung, sisihkan.

Pisahkan kuning telur dari putihnya ketika telur masih dingin (baru keluar dari kulkas). Pastikan wadah untuk menampung putih telur benar-benar bersih, bebas minyak, dan tidak ada setetespun kuning telur didalamnya. Kuning telur dan minyak akan membuat putih telur sulit dikocok hingga mengembang. Sisihkan.

Aduk jadi satu di sebuah mangkuk: tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam. Sisihkan.

Cara membuat:

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega/margarine, minyak sayur, light Ricoman Brown Sugar, dan gula pasir. Kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik, naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok selama 5 menit hingga adonan mengembang, pucat dan terlihat ringan.

Masukkan kuning telur satu persatu, dan kocok hingga adonan homogen dan tercampur dengan baik. Masukkan kuning telur berikutnya. Pastikan kuning telur tercampur dengan baik sebelum memasukkan kuning telur lainnya. Masukkan vanilla extract, kocok hingga tercampur rata. Matikan mikser. Sisihkan.

Masukkan putih telur ke dalam mangkuk besar yang bersih (bebas minyak/lemak). Kocok dengan speed sedang hingga berbusa besar, tambahkan ½ bagian gula pasir, kocok hingga mengembang. Masukkan sisa gula pasir, kocok dengan speed tinggi hingga putih telur mengembang dan membentuk soft peak. Tandanya ketika alat pengocok diangkat dari kocokan telur, maka ujung puncak putih telur terkulai disatu sisi. Hentikan mengocok.

Masukkan campuran tepung ke dalam adonan dasar dengan cara diayak langsung diatas mangkuk . Jangan masukkan semua campuran tepung langsung ke dalam adonan, bagi menjadi 3 tahapan. Aduk perlahan adonan dengan spatula dengan teknik aduk balik (folding). Lakukan dengan gerakan lembut namun cepat.

Masukkan 1/3 bagian susu cair, aduk perlahan adonan hingga tercampur rata dan masukkan sisa tepung dan susu cair secara bergantian. Aduk hingga rata dengan teknik aduk balik, jangan over mixing.

Masukkan 1 sendok besar kocokan putih telur kedalam adonan dasar, aduk cepat agar adonan dasar menjadi sedikit encer sehingga mudah tercampur dengan sisa kocokan putih telur. Masukkan putih telur ke dalam adonan dasar dalam 3 tahapan, aduk dengan teknik aduk balik. Lakukan gerakan dengan hati-hati, lembut namun cepat, agar tidak banyak busa putih telur yang kempes.

Jika adonan sudah tercampur rata, tuangkan adonan ke loyang yang sudah dipersiapkan. Hentakkan perlahan loyang berisi adonan ke permukaan meja untuk membuang kelebihan gelembung udara yang besar. Masukkan loyang ke oven dan panggang selama 55 menit atau hingga permukaan cake terlihat kecoklatan dan ketika sebatang lidi ditusukkan ke bagian tengah cake maka tidak ada adonan yang menempel di lidi.

Keluarkan dari oven, diamkan selama 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan cake ke permukaan sebuah rak kawat. Potong cake ketika telah benar-benar dingin. Sajikan.

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Instagram Social Icon
Ricoman gula

Recommended Sugar

bottom of page